Monday, March 7, 2016

Internship Experience (Kerja Praktik) in CV Karya Hidup Sentosa a.k.a Quick Tracktor Yogyakarta

Kali ini saya ingin mengceritakan pengalaman menarik, yeah i thought. Its about KP a.k.a. Kerja Praktik.
As an mechanical engineering student, saya harus melaksanakan kerja praktik di sebuah perusahaan. Why? Cause apa-apa yg kita dapat di kelas tidak selalu koheren dengan aplikasinya, in case dalam perindustrian. Jadi sebelum menyabet gelar sarjana teknik kita harus terbiasa dengan dunia industri, dunia kerja dan dunia paska kampus lainnya.

Oke, singkat cerita. saya memutuskan buat KP di CV KHS, Karya Hidup Sentosa. Mungin tidak banyak orang yang tahu. But, when i say QUICK TRACKTOR, everyone maybe familier on it. Yap. Saya melaksanakan Kerja Praktik di sana.

QUICK ini adalah perusahaan milik orang indo. Asli. Not asing. Dari mulai pengecoran, manufakturing, design, assembly, sampe pemasaran, semua dikelola sendiri. And you know..? Pasar QUICK ini udah internasional. We have to proud for it.
Mereka bergerak dibidang alat pertanian dan pengecoran. Mereka mennyediakan berbagai jenis tracktor, dan alat pertanian lainnya. 

Sebelum saya lanjut cerita. Kalian harus tahu dulu nih apa benefit Kerja Praitik di QUICK. check this out.
Pertama, kita akan belajar banyak di sana. Why? Karena kita akan dihadapkan dengan tantangan real seorang engineer. Sesuai peminatan kita. Kalau kita fokus di pengecoran kita akan dikasih problem tentang foundry. Misalnya kita mau belajar desain ya kit akan ditempatkan di desain. Atau apabila kita mau belajar di pompa, maka kita akan ditempatkan di sana. Karena di QUICK tracktor memproses segala sesuatunya dari hulu ke hilir. jadi semua tersedia.

Kedua. Mentornya ramah dan profesional. Kita tidak sekedar dilepas begitu saja setelah mendapatkan problem. Kita akan didampingi terhadap case yang kita hadapi. meanwhile, kalo pun kita g paham, mereka bakal ngasih masukan dan saran terhadap garapan kita. jadi don't worry about our project. Mereka bakal bantuin kita.

Ketiga. QUICK memiliki budaya kerja yang keren. Mereka menerapkan budaya 5S, yang merujuk dari budaya kerja beberapa perusahaan Jepang. Budaya disiplin, respect, inovatif. Kita, sebagai mahasiswa Kerja Praktik, diperlakukan dan memiliki kewajiban yang sama dalam segala tata tertib dan budaya kerja. Bahkan kita bisa makan sebangku dengan bos kita. for me, it is expensive experience..

Keempat. Kerja Praktik di QUICK mendapatkan insentif.  yeeee #prokprokprok... nominalnya tidak saya kasih tahu ya. Yang pasti cukup untuk membeli kerupuk satu kresek. Udah kita belajar, dikasih insentif. kurang seneng apa coba?

Itulah beberapa keuntungan yang bakal didapatkan saat kerja praktik di QUICK. pada akhirnya, apa yang kita caari adalah apa yang bakal kita dapat. Jadikan Kerja Praktik sebagai pembelajaran sebelum benar-benar kita melepas status mahasiswa kita. Meskipun tidak selalu berjalan seirama, seorang engineer harus bekerja di dunia industri. At least, kita bisa belajar dari tempat Kerja Praktik kita.

Terimakasih sudah mau baca tulisan ini. semoga bermanfaat.

ohiya, ada yang kelupaan. Buat temen-temen yang mungkin dari luar Jogja. kos-kosan di sekitaran QUICK murah-murah kok. dari mulai 300K dengan fasilitas yang cukup memadahi.

See ya in another story.. :D :D


-langit reza

5 comments:

  1. Kak, bolem minta informasi tentang pengajuan proposal praktek industri? Thx

    ReplyDelete
  2. Maksudnya prosedur pengajuannya bgaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, kalo saran saya seperti ini.

      Pertama, bikin proposal, proposal contoh kakak kelas aja.
      kedua, Telpon pihak Perusahaannya, bilang mau MAGANG
      ketiga, biasnaya nanti ada tes tertulis,
      keempat, bertemu dengan user untuk menentukan tugas dan pembuatan administratif (kartu identitas, uang saku, dll)

      Delete
    2. Untuk tes tertulisnya apa aja ya kak?
      Terimakasih🙏🏻

      Delete